Custom Search

Konfigurasi Mikrotik Step by Step

Mikrotik saat ini banyak digunakan oleh ISP, provider hotspot, ataupun oleh pemilik warnet. Mikrotik OS menjadikan komputer menjadi router network handal yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan tool, baik untuk jaringan kabel maupun wireless.

Dalam tutorial ini akan dijelaskan mengenai pembahasan dan petunjuk sederhana dan simple dalam mengkonfigurasi mikrotik untuk keperluan-keperluan tertentu dan umum yang biasa dibutuhkan untuk server/router warnet maupun jaringan lainya, konfigurasi tersebut misalnya, untuk NAT server, Bridging, Bandwith manajemen, dan MRTG. Versi mikrotik yang digunakan adalah Mikrotik Routeros 2.9.27

Akses Mikrotik
  1. Via Console
  2. Mikrotik router board ataupun PC dapat diakses langsung via console / shell maupun remote akses menggunakan putty (www.putty.nl)
  3. Via Winbox
  4. Mikrotik bisa juga diakses / remote menggunakan software tool winbox
  5. Via Veb
  6. Mikrotik juga dapat diakses via web / port 80 dengan menggunakan browser
Memberi nama Mirotik

[azka@azkacomputer] > system identity print
name: "Mikrotik"
[ropix@azkacomputer] > system identity edit
value-name: name

masuk ke editor ketik misal saya ganti dengan nama azkacomputer:

azkacomputer
C-c quit C-o save&quit C-u undo C-k cut line C-y paste

Edit kemudian tekan Cltr-o untuk menyimpan dan keluar dari editor

Mikrotik Sebagai NAT

Network Address Translation atau yang biasa disebut NAT adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Banyaknya penggunaan metode ini disebabkan karena ketersediaan alamat IP yang terbatas, kebutuhan akan keamanan (security), dan kemudahan serta fleksibilitas dalam administrasi jaringan.

Mikrotik sebagai Transparent web proxy

Salah satu fungsi proxy adalah untuk menyimpan cache. Apabila sebuah LAN menggunakan proxy untuk berhubungan dengan Internet, maka yang dilakukan oleh browser ketika user mengakses sebuah url web server adalah mengambil request tersebut di proxy server. Sedangkan jika data belum terdapat di proxy server maka proxy mengambilkan langsung dari web server. Kemudian request tersebut disimpan di cache proxy. Selanjutnya jika ada client yang melakukan request ke url yang sama, akan diambilkan dari cache tersebut. Ini akan membuat akses ke Internet lebih cepat.

Untuk tutorial lebih lengkap, silahkan download disini



source : www.indonesiacyber.net

Related Posts:



0 comments:

Post a Comment